Kewirausahaan Digital

Kewirausahaan Digital atau Technopreneurship merupakan istilah dari pemanfaatan teknologi pada kegiatan berwirausaha. Pemanfaatan teknologi dalam hal ini dipahami mulai dari proses produksi (dengan mesin dan teknologi terbaru) hingga pemasaran (memanfaatkan media sosial, platform online, aplikasi, dan lain-lain). Istilah lain yang lebih umum digunakan oleh generasi millennial adalah Startup atau bisnis pemula. Startup pada dasarnya adalah aktivitas sebuah perintisan bisnis yang memiliki model bisnis yang terencana dan memanfaatkan teknologi dalam bentuk platform data atau aplikasi. Istilah dari kata Startup adalah sesuatu yang sangat identik serta kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Hal ini berdampak dengan semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya.

            Contoh Wirausahawan Digital Beberapa wirausaha digital yang dapat dikatakan sukses dalam meraih keuntungan, antara lain:

  • ·         Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook)
  • ·         Steve Jobs (Pendiri Apple)
  • ·         Jan Koum dan Brian Acton (Pendiri Whatsapp)
  • ·         William Tanuwijaya (Pendiri Tokopedia)
  • ·         Nadiem Makarim (Pendiri GO-JEK)

            Pebisnis milenial di perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri yang disebutkan. Mereka didorong untuk mengembangkan usaha digital secara inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja yang berbasis internet untuk mencari pangsa tertentu dan peluang pasar. Kegiatan pengembangan usaha digital dilakukan baik oleh pemerintah, serta perguruan tinggi dan industry melalui pusat pengembangan usaha atau disebut dengan inkubator bisnis. Diantara keuntungan wirausaha digital adalah usaha digital cenderung baru sehingga tidak diperhatikan dalam persaingan usaha. Usaha digital mampu mengakses dan menganalisis sejumlah informasi persaingan dan pelanggan potensial.

            Proses pengembangan wirausaha digital diawali dari tahap usaha pemula (start-up) yang mengembangkan ide awal untuk mendapatkan hasil dari kerja kerasnya. Terdapat tiga tahap dalam pengembangan usaha digital yaitu tahap pengembangan ide, kemudian pengembangan usaha pemula selanjutnya manajemen usaha. Esensi dari wirausaha digital adalah pendiri usaha itu sendiri. Platform merupakan ruang digital yang menyediakan peluang usaha saling berhubungan baik antara pebisnis maupun dengan pelanggan. Platform dapat dibagi kepada tiga yaitu platform inovasi sebagaimana yang ditawarkan oleh Google, platform transaksi, seperti retail atau permintaan pelayanan online, serta platform integrasi yaitu gabungan platform inovasi dan transaksi.

            Alasan pertama mengapa digital marketing sangat penting adalah digital marketing dapat memberikan arah dan tujuan yang jelas dan pasti bagi orang-orang yang ada di dalamnya. Ketika perusahaan kita tidak mengerahkan sumber daya yang kuat dan kompeten untuk menguasai digital marketing, maka kompetitor kita yang akan melakukannya. Penerapan digital marketing akan memudahkan para pebisnis dan pengusaha untuk bercengkrama langsung dengan konsumen baru atau para pelanggan setia mereka. Sebuah bisnis tanpa pelanggan akan menjadi bisnis yang hampa. Jika kita tidak ingin target pasar atau target pelanggan kita diambil alih oleh para kompetitor, maka memaksimalkan penerapan digital marketing adalah solusinya. Dengan penerapan digital marketing yang maksimal, kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online. Secara tidak langsung, kita akan lebih mengenal apa yang disukai dan tidak disukai oleh para target pelanggan kita. Dalam hal ini, kita bisa menggunakan kata kunci atau keywords yang disarankan oleh aplikasi Google untuk menarik perhatian para calon pelanggan ke situs bisnis kita.

            Kita tahu bahwa hampir semua orang setuju media adalah platform modern yang bisa mengukur banyak hal di era modern ini. Dengan kata lain, digital marketing membantu kita untuk mendapatkan informasi pelanggan secara lebih. Penerapan strategi digital marketing yang tepat akan membuat pelanggan lama semakin setia dengan produk kita, dan pelanggan produk lain akan beralih ke produk kita. 

            Hadirnya digital marketing juga membuat budget perusahaan semakin aman dan tidak boros. Dengan begitu, kita bisa beralih pada digital marketing yang dapat memaksimalkan pencapaian tujuan bisnis kita, namun dilakukan secara online sehingga lebih hemat biaya. Salah satu kelebihan digital marketing yaitu, dapat mempercepat jangkauan pelanggan secara lebih cepat, tepat dan luas. Jika kita melihat geografis Indonesia yang begitu luas dari Sabang sampai Merauke, mungkin kita berpikir bahwa mempromosikan produk dan layanan jasa kita ke seluruh Indonesia adalah hal yang sangat mustahil. Namun, kehadiran digital marketing akan mempermudah segalanya. Penerapan strategi digital marketing yang efektif dan tepat akan membantu bisnis kita semakin berkembang dan terkenal, meskipun lingkupnya sangat luas. 

            Kita hidup di zaman yang penuh dengan perubahan secara cepat. Digital marketing akan membantu kita untuk membaca segala perubahan yang ada melalui media online, sehingga bisnis kita bisa beradaptasi dengan segala perubahan tersebut. Bisa dikatakan hampir semua pelanggan yang ingin membeli suatu produk atau memilih layanan jasa, mereka akan mengecek informasi yang tersedia secara online. Mereka akan mengecek melalui situs web, akun Instagram, Facebook, Twitter dan platform sosial lain yang kiranya dapat memberikan informasi serta konten-konten terpercaya. Kabar baiknya, ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan yang tinggi dari para pelanggan terhadap bisnis kita. Namun, strategi pemasaran secara tradisional tetap bisa digunakan, sehingga strategi pemasaran yang dimiliki perusahaan akan semakin kuat. 

            Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang pertama adalah bagaimana pelaku bisnis tersebut harus terus belajar dan tiada henti. Semuanya itu memang butuh waktu dan proses. Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang datang bersamaan selanjutnya adalah selalu melakukan inovasi. Ini tentunya adalah sebuah tantangan yang harus dihadapi karena menuntut para pelaku bisnis untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan produk yang dimilikinya agar semakin mudah disukai oleh orang banyak. Pada dasarnya, suatu peluang memang akan bisa mendapatkan banyak potensi yang menarik apabila anda tau bahwa inovasi dan juga membangun sebuah brand image yang bagus itu juga sangat diperlukan didalamnya. Misalnya saja membangun kafe kekinian dan lain sebagainya. Hal tersebut pastinya juga akan memberikan manfaat yang pastinya lebih besar dan banyak.

            Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah selalu berpikir out of the box atau berbeda dari yang lain. Hal ini sangat diperlukan pada saat anda ingin membuat bisnis sukses. Peluang dan tantangan bisnis di era digital yang selanjutnya adalah mampu bersaing dengan sehat dan tepat. Pada dasarnya hal tersebut memang sangat penting diterapkan. Jika mampu bersaing dengan sehat, maka hal tersebut adalah sesuatu yang terbaik. Pada dasarnya bersaing untuk hal inovasi memang sangat penting dilakukan. Selain itu, untuk bisa selalu menemukan ide baru, sangat penting untuk banyak belajar dari mereka yang ahli. Dalam hal ini anda bisa mencoba untuk bergabung di workshop dan semacamnya untuk mendapatkan wawasan atau ilmu pengetahuan tambahan yang anda butuhkan didalamnya.

            Tidak dapat dipungkiri, bisnis menjadi target utama kaum milenial saat ini. Mereka berbondong-bondong bersaing membuka usaha sesuai minatnya. Bermodalkan uang dan kepintaran saja tidaklah cukup. Berpikir terbuka dan mau menerima saran serta kritis menjadi hal terpenting yang menentukan maju tidaknya bisnis seseorang. Jangan terpaku pada satu ide, carilah inovasi berbeda dan tidak perlu takut untuk menjalankannya.

            Tuntutan dunia kerja yang dulunya berupa benda fisik kini beralih ke dalam dunia maya atau digital. Pelajari secara bertahap bagaimana pola persaingan kerja di industri digital, mulai dari munculnya e-commerce hingga e-mail yang kini semakin gencar diperbincangkan. Teknologi yang semakin maju menuntut Anda untuk terus update dalam pengetahuan dan tidak boleh berhenti mencari informasi lainnya.

            Selain aktif dalam dunia nyata juga dapat memanfaatkan sosial media sebagai ruang interaksi dan memperluas jaringan. Manfaatkan lahan ini sebagai ajang temu pendapat dan kreativitas yang positif, seperti membuat video pendek hingga beropini melalui sosial media. Sampaikan dengan cara yang tepat tanpa mengandung unsur SARA. Sebelum membuka bisnis, ada baiknya mengetahui jenis usaha apa yang ingin dibangun. Tentukan minat dan passion terlebih dahulu. Jika sudah mengerti apa tujuaannya, maka dilanjut mengikuti program pelatihan, seminar, workshop, atau kelas khusus yang mempelajari bisnis tentang usaha tersebut. 

 

 

Sumber Referensi Essay

 

1.    https://www.hariaspriyono.com/2020/02/download-materi-kuliah-wirausaha-digital.html

2http://repository.lppm.unila.ac.id/20476/1/KEWIRAUSAHAAN%20TEKNOLOGI%20DIGITAL_INDRA%20C.pdf

3.    https://www.studilmu.com/blogs/details/10-alasan-mengapa-digital-marketing-sangat-penting

4.    https://blog.jejualan.com/peluang-dan-tantangan-bisnis-di-era-digital/

5.    https://kemenperin.go.id/artikel/18520/6-Hal-yang-Harus-Anda-Miliki-Saat-Bersaing-di-Industri-Kerja

 

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membagi Waktu yang Tepat Antara Kuliah dan Organisasi

Digital Marketing

Mengais Rupiah di Blog ala Mahasiswa